Desa Wisata Candran, Suasana Pedesaan Yang Selalu Dirindukan

Desa Wisata Candran, Suasana Pedesaan Yang Selalu Dirindukan

Potensi Wisata Candran

Desa Wisata Candran memiliki keunggulan tersendiri dimana setiap desa wisata yang ada di yogyakarta memiliki potensi desa masing – masing. Desa Wisata Candran memiliki suasana yang tenang dengan udara sejuk yang di kelilingi hamparan sawah nya. Wisatawan yang berkunjung dapat melakukan kegiatan yang dilakukan oleh para penduduk setempat di desa ini atau membantu warga.

Peralatan kuno yang menggambarkan kesederhanaan dan seni, menjadi ciri khas msyarakat pedesaan. Sumber unsplash.com

Kegiatan yang dilakukan warga seperti menanam padi, membajak dengan menggunakan kerbau, memancing, membuat tembikar atau kerajinan yang lain nya menghias caping dan juga membuat beragam kuliner seperti hal nya telor asin, kue apem, kue cemplon dan lainnya. Selain itu, Desa ini memiliki pemandangan yang sangat indah hingga menjadikan desa ini sebagai desa wisata terkenal.

Desa Wisata Candran merupakan desa yang masih mempertahankan serta melestarikan tradisi dan budaya petani Jawa, bercocok tanam atau bertani yang dilakukan desa ini tidak biasa dimana ada tradisi jawa yang masih diterapkan di desa ini seperti kenduri, nyadran, dan wiwitan. Bercocok tanam dengan suasana pertanian dan pedesaan yang sejuk serta indah membuat anda lebih nyaman di sini.

Lokasi Wisata Candran

Desa Wisata Candran terletak di yogyakarta lebih tepat nya berada di dusun Mandingan, kelurahan Kebonagung, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul. Jarak yang ditempuh sekitar 20 Km ke pusat kota Yogyakarta dan sekitar 25 Km dari arah Bandara Adisutjipto. Akses jalan menuju desa wisata candran berupa aspal sehingga jalan yang anda lewati dapat mulus hingga gerbang desa wisata ini.

Untuk menuju ke lokasi desa wisata ini bisa menggunakan jasa layanan transportasi online. Atau jika akan berkunjung secara rombongan bisa menyewa kendaraan mobil yang disediakan oleh jasa sewa mobil Jogja. Layanan jasa sewa mobil di Jogja sangat banyak dan harganya kompetitif sehingga jangan ragu untuk memesannya.

Desa ini diduduki sekitar 315 kepala keluarga dimana sekitar 35% dari warga di desa ini merupakan petani tradisional dan peternak. Lahan sawah yang dimiliki desa ini sekitar 20 hektar dan warga rajin dalam mengelolah lahan sawah desa ini. Kamu bisa menyewa mobil kapan saja dan perjalanan untuk menikmati desa wisata ini agar bisa terasa lebih menyenangkan bagi pengunjung yang datang.

Desa Wisata Candran merupakan desa wisata yang sudah cukup di kenal secara luas oleh masyarakat indonesia bahkan hingga internasional. Desa ini terkenal sebagai desa tani dimana suasana pedesaan yang sangat tenang serta lahan sawah di sekita pedesaan. Selain itu, sebagian besar masyarakat di desa ini ber profesi sebagai petani serta peternak dengan cara yang traditional.

Museum Wisata Candran

Desa Wisata Candran memiliki tempat yang unik serta menarik untuk para wisatawan kunjungi yaitu Museum Wisata Candran dimana museum ini merupakan sebuah museum yang dinamakan Museum Tani Jawa. Museum tani jawa memiliki berbagai barang petani bersejarah atau peninggalan dari zaman dahulu kala dimana nenek moyang kita masing menggunakan nya, peralatan yang sudah tua.

Peralatan tani tradisional tersebut di simpan dan di jadikan sebagai barang pajangan untuk para turis. Barang tersebut seperti luku, garu, gosrok, membatik, candran, desa wisata cangkul, sabit, gathol dan peralatan tani tradisional lain nya. Selain itu, juga terdapat peralatan memasak tradisional seperti anglo, pipisan, talenan, ungkal, telenan potong, gancu, munthu, ceting, kukusa, wajan dll.

Aktivitas di pedesaan. Masih tradisional dan alami. Sumber unsplash.com

Barang – barang yang ada di museum tani traditional rata-rata berusia sekitar 50 tahun dan didapatkan dari para warga dimana biasa nya pemberian dari nenek moyang atau peninggalan nenek moyang warga. Tidak semua barang berasal dari warga tetapi kebanyakan barang peninggalan tersebut berasal warga sendiri. Ada juga beberapa peralatan yang berasal dari luar kabupaten Bantul.

Dengan menggunakan berbagai peralatan rumah tangga yang berasal dari kayu ataupun logam yang di buat sejak jaman dahulu memiliki sisi seni tersendiri. Majunya perkembangan teknologi di tandai dengan berlimpahnya perkakas rumah tangga yang serba elektrik tidak menggerus kecintaan masyarakat pada barang kuno tersebut. Maka bagi anda yang ingin memiliki perkakas dari kayu bisa mencari rekomendasi tempat jual alat makan kayu di Indonesia yang sudah diproduksi di berbagai daerah.

Leave a Comment