Jenis Ukuran Kayu Dan Fungsinya

Sebelum anda memutuskan untuk membangun rumah atau semisalnya, yang berbahan dasar kayu. Pastikan anda mengetahui informasi seputar kayu terlebih dahulu, meskipun Anda mempercayakan pembangunannya kepada jasa pembuatan rumah kayu.

Kenapa ? Karena hal ini akan membantu dan memudahkan anda untuk memilih ukuran dan jenis kayu yang anda butuhakan .

Semakin Anda banyak membaca referensi mengenai kayu, semakin kecil pula risiko kesalahan Anda dalam memilih ukuran dan jenis kayu, yang tentunya akan berdampak pada besar dan kecilnya biaya yang Anda keluarkan untuk membangun rumah.

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan bahan dasar kayu atau semisalnya, artikel ini Kami sarankan untuk anda baca.

Berikut informasi yang kami sajikan seputar dunia perkayuan, termasuk jenis dari ukuran kayu dan fungsinya.

4 Jenis Ukuran Kayu Yang Perlu Anda Ketahui

Contoh jenis ukuran kayu, Sumber : google.com
Contoh jenis ukuran kayu, Sumber : google.com

Ternyata kayu memiliki jenis ukuran yang berbeda-beda. Mengetahui informasi mengenai berbagai macam jenis ukuran kayu akan mempermudah anda untuk memutuskan kebutuhan ukuran kayu seperti apa yang harus anda pilih berdasarkan kebutuhan anda.

Oleh karena itu, pastikan anda terus mencari informasi mengenai jenis ukuran kayu yang ada.

Bagi anda yang belum mengetahui seputar informasi mengenai ukuran kayu, kami sarankan anda membaca artikel di bawah ini :

1. Ukuran Kayu Kaso

Setelah anda membaca informasi seputar reng kayu, ada jenis ukuran yang kedua yang tidak kalah pentingnya untuk anda ketahui, yakni jenis kaso.

Ukuran kayu kaso dikenal dengan sebutan kayu usuk. Kayu kaso biasanya digunakan dalam pembuatan plafon, bekisting, dan lain sebagainya.

Mengenai ukurannya sendiri, kaso tersedia dalam ukuran 4 x 6 cm dan 5 x 7 cm. Akan tetapi anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan anda.

2.Ukuran Kayu Balok

Kayu balok merupakan istilah untuk menyebut kayu yang berukuran cukup besar.

Kayu balok tersedia dalam berbagai macam ukuran.Ada yang berukuran 5 x 10 cm, 6 x 12 cm, hingga 8 x 15 cm.

Adapun terkait kegunaan kayu balok sendiri, biasa kayu balok digunakan dalam proses pembuatan kuda-kuda, jendela atau kusen pintu, dan lain sebagainya.

3. Ukuran Reng Kayu

Contoh kayu reng. Sumber : google.com
Contoh kayu reng. Sumber : google.com

Reng kayu merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki ukuran yang cederung kecil dari jenis ukuran kayu lainya.

Untuk itu, menyebabkan harga reng kayu terbilang paling murah dari sekian jenis yang ada.

Pada umumnya, kayu reng digunakan dalam menahan beban yang tidak begitu berat. Kayu ini pada umumnya digunakan untuk dudukan genteng rumah anda.

Mengenai ukuranya sendiri, biasanya ukuran penampang dari reng kayu tersedia dalam berbagai ukuran, yakni ada yang berukuran 2 x 3 cm atau 3 x 4 cm.

4. Ukuran Kayu Papan

Dan jenis dari ukuran kayu yang terakhir, ialah papan. Kayu papan memiliki penampang yang lebih tipis dibandingkan jenis ukuran kayu lainya.

Kayu papan biasanya juga dapat digunakan dalam pembuatan barang barang seperti lispang, furniture, bekisting, dinding, dan lain sebagainya.

Kayu papan tersedia dalam berbagai macam ukuran penampang, yakni ada yang berukuran 2 x 10 cm, 2 x 20 cm, 3 x 20 cm, dan 3 x 30 cm. saran kami pililah papan yang berkulitas tinggi.

Kegunaan Ukuran Kayu Beserta Jenisnya

Setelah kita membahas jenis kayu berdasarkan ukurannya, kini kita akan membahas mengenai kegunaan ukuran kayu beserta jenisnya.

Karakteristik kayu yang cenderung mudah dibentuk, membuat para pembuat bangunan memilih kayu sebagai bahan material dan struktur bangunan.

Selain menjadi bahan material struktur bangunan, kayu juga bisa di jadikan sebagai bahan material kerajinan, seperti sandal bakiak kayu, sendok kayu, dan sebagainya.

Tak jarang juga kayu dipilih untuk memperindah interior rumah, hotel, maupun cafe. Untuk di jogja sendiri, cafe menjadi pilihan bisnis.

Mengingat potensi joga sebagai kota pelajar, dimana mahasiswa membutuhkan sarana untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Karena itu para pemilik cafe menggunakan jasa interior cafe di Jogja untuk memperindah cafe mereka untuk menarik pelanggan.

Mengetahui mengenai karakteristik kayu saja tidak cukup, untuk anda yang ingin mendalami seputar dunia perkayuan.

Kami sarankan anda juga mencari informasi mengenai kegunaan ukuran kayu beserta jenisnya.

Berikut kegunaan ukuran kayu dan beserta jenisnya yang perlu anda ketahui sebelum memilih kayu untuk material bangunan anda.

1. Kegunaan Ukuran Kayu Balok

Kegunaan atau fungsi kayu balok sendiri, dapat di lihat dari ukuran kayu balok itu sendiri.

Karena pada setiap ukuran kayu balok mempunyai nama yang bermacam-macam, mulai dari bernama balok reng, balok usuk atau bisa disebut kaso, balok gording, dan balok jurai.

Akan tetapi, kayu balok yang memiliki beban yang lebih berat di bandingkan jenis ukuran kayu lainya. Hal ini menjadi kendala dalam proses pengangkutannya.

Untuk itu di butuhkan kendaraan yang mendukung pengangkutan kayu tersebut. Bagi anda yang tinggal di jogja, banyak sekali opsi jasa sewa pick up Jogja yang menawarkan alternatif permaslahan pengangkutan.

2. Kegunaan Ukuran Kayu Papan

Kayu jenis ini adalah kayu yang banyak dipakai dalam pembuatan berbagai macam produk furniture. Meskipun harus mendatangkan dari luar pulau, penyedia jasa kitchen set Jogja dan kota lainnya memerlukan papan kayu solid untuk produksi.

Seperti lemari, kursi, meja dan berbagai hal lainya. Papan juga banyak dicari oleh produsen-produsen kusen pintu berbahan dasar kayu.

Banyak juga produsen olahan berbahan dasar kayu memilih kayu papan sebagai kebutuhan dasar dalam faktor produksinya.

Untuk Indonesia sendiri, telah banyak pemasok kayu yang menawarkan kayu papan, dari berbagai jenis kayu. Seperti kayu jati, kayu merbau, kayu meranti, kayu mahoni dan kayu papan sungkai.

Terkait pengaplikasianya pun beragam, mulai dari lantai rumah kayu, dinding rumah kayu, bak truk kayu,dan lain sebagainya.

Pengaplikasian lantai kayu. Sumber : google.com
Pengaplikasian lantai kayu. Sumber : google.com

3. Kegunaan Ukuran Reng Kayu

Kegunaan kayu ini, biasanya digunakan untuk penopang bagian penutup atap rumah kita. Bagian rengnya bertujuan sebagai sambungan ke kayu usuk atau kayu berjenis kaso.

Kayu reng juga berguna dalam memperkuat memperkuat bagian atap rumah, akar tetap kokoh.


Reng kayu biasanya digunakan dalam hal pemakaian atap rumah berjenis genteng. Akan tetapi untuk jenis atap berbahan asbes ataupun seng,reng kayu biasanya jarang digunakan.

Mengenai proses instalasi sendiri, bagian reng kayu mestilah benar-benar dipasang dengan baik dan diukur berdasarkan dengan ukuran genteng yang ingin kita gunakan.

Terkait penopang atap rumah, ada bagian selain reng kayu sebagai elemen-elemen penting, yakni kuda-kuda, gording, bumbungan, kaso ataupun usuk, dan penutup atap rumah.

Dan kuda-kuda juga tidak kalah penting, kuda-kuda berfungsi sebagai penahan yang menerima berbagai tekanan yang ada pada rangka atap rumah,yang dipasang secara langsung ke badan bangunan.

4. Kegunaan Ukuran Kayu Kaso

Jenis ini banyak sekali digunakan dalam berbagai hal, salah satunya terkait konstruksi. Dan mengenai kegunaanya sendiri, ukuran kayu kaso ini biasanya di gunakan sebagai alternatif dari baja hollow galvanis.

Besi berjenis holow galvanis ini memiliki kelemahan dalam hal menahan beban terlalu berat, oleh karena itu kayu kaso menjadi pilihan alternatif yang tepat untuk menggantikan besi berjenis hollow galvanis.

Kayu kaso biasanya juga digunakan untuk bahan utama dalam pembuatan rangka dan plafon. Dalam hal ini kayu kaso dipilih karena bobotnya yang cenderung lebih ringan dan terkategori jenis kayu yang terbilang kuat dan awet, berdasarkan perawatanya.

Demikian artikel yang dapat kami bagikan. jangan lupa share kepada teman-teman anda. Terimakasih

Leave a Comment