Inilah 5 Cara Merawat Piring Kayu Kelapa Agar Tetap Awet

Inilah 5 Cara Merawat Piring Kayu Kelapa Agar Tetap Awet

Peralatan dapur merupakan salah satu kebutuhan yang bisa dibilang penting. Selain terbuat dari alumunium dan keramik, beberapa perabotan dapur juga ada yang terbuat dari kayu. Salah satu jenis peralatan dapur dari kayu yang sering digunakan adalah piring kayu kelapa. Peralatan satu ini memiliki cara perawatan yang berbeda dengan peralatan dapur pada umumnya. Berikut 5 tips merawat piring dari kayu:

Jangan Sering Digunakan Untuk Makanan Berkuah

Cara merawat piring kayu kelapa yang pertama adalah jangan terlalu sering menggunakannya untuk menyajikan makanan yang berkuah. Hal ini cukup beralasan karena peralatan dari kayu tidak cocok dengan kelembaban tinggi. Tidak hanya itu, jika terlalu lembab maka akan menimbulkan jamur di permukaan piring kayu anda. Jika sudah begini maka akan berbahaya bagi kesehatan jika peralatan tersebut anda gunakan untuk menyajikan atau sebagai alas makan keluarga. Sebaiknya gunakan piring kayu untuk menyajikan makanan semacam gorengan atau tumis. Sedangkan untuk makanan berkuah sebaiknya menggunakan piring berbahan dasar keramik saja.

Hindari Merendam Terlalu Lama

Piring kayu kelapa berbentuk kotak, sumber Yanis Gallery
Piring kayu kelapa berbentuk kotak, sumber Yanis Gallery

Cara kedua merawat piring jenis ini adalah dengan tidak merendamnya terlalu lama. Seperti kita tahu banyak orang yang sering merendam peralatan dapur agar sisa makanan yang menempel mudah lepas. Namun, hal ini justru berakibat buruk pada peralatan yang berbahan dasar kayu dan jika dibiarkan maka akan cepat rusak. Tidak hanya itu merendam terlalu lama dalam air, akan membuat piring kayu anda menimbulkan bau yang kurang sedap. Hal itu pula yang nantinya akan berpengaruh pada selera makan anda.

Baca juga: Alasan Memakai Talenan Kayu Sebagai Hadiah Pernikahan

Setelah Dicuci Lap Hingga Kering

Setelah anda mencuci piring kayu kelapa, usahakan untuk segera mengelapnya hingga kering. Selain itu letakkan di tempat yang dapat terkena hembusan angin. Alasan kenapa peralatan kayu harus di lap hingga kering yaitu agar tidak lembab dan tidak berjamur. Jika sudah berjamur, kualitas peralatan kayu akan menurun dan tidak baik untuk kesehatan jika digunakan sebagai alat makan.

Jangan Digunakan Untuk Menyajikan Makanan Panas

Cara lain untuk merawat piring kayu kelapa adalah jangan terlalu sering digunakan untuk menyajikan makanan panas. Meski peralatan kayu lebih sehat digunakan, namun secara umum bahan kayu kurang tepat jika digunakan untuk makanan panas. Hal ini karena makanan yang panas akan menimbulkan efek warna berubah pada segala peralatan berbahan dasar kayu. Jika sudah begini maka tampilan piring kayu anda tidak menarik lagi.

Piring kayu untuk tempat buah, sumber unsplash @joannakosinska
Piring kayu untuk tempat buah, sumber unsplash @joannakosinska

Gunakan Bahan Alami Sebagai Pengganti Sabun

Untuk mencuci peralatan kayu, sebaiknya jangan menggunakan sabun kimia namun gunakanlah bahan alami. Bahan alami yang baik untuk peralatan makan dari kayu adalah air lemon. Penggunaan air lemon lebih baik dibandingkan sabun kimia karena sifat kayu adalah mudah menyerap bahan cair. Jadi jika anda menggunakan sabun, maka kandungan kimia yang ada di dalamnya akan terserap ke dalam piring kayu meski sudah anda bilas dengan bersih. Jika sudah begini maka peralatan makan anda tidak sehat lagi untuk digunakan.

Semoga tips yang Sendok Kayu sampaikan bisa menjadi ilmu yang bermanfaat buat sahabat semua. Agar lebih bermanfaat lagi bisa disampaikan kepada orang lain yang membutuhkan juga. Ingat peralatan dapur dari kayu, ingat terus Sendok Kayu. 🙂

Leave a Comment