Gerabah Kasongan, sumber : Pesona Travel

Hubungan Industri Kreatif dan Pariwisata di Jogja

Rental mobil wisata dan produksi kerajinan sendok kayu yang merupakan produk industri kreatif adalah dua hal yang berbeda namun sama-sama terdapat di Jogja. Dari sini terlihat bahwa Jogja populer dalam hal tempat wisata dan produksi kerajinannya. Sehingga rental mobil wisata Jogja dan kerajinan seperti sendok kayu, kerajinan bambu, kerajinan gerabah dapat ditemukan di Jogja.

Istilah Jogja kota pelajar dan Jogja kota seni selalu terdengar dan tidak lekang oleh waktu. Selain itu saat ini Jogja juga dikenal sebagai destinasi pariwisata di Indonesia. Karena sebutan-sebutan ini banyak usaha baik penyediaan barang atau jasa yang erat kaitannya seputar pelajar, kreativitas, kerajinan dan obyek wisata. Nah, saat ini kita akan coba informasikan beberapa fakta terkait bagaimana industri ini dapat berjalan bersamaan di Jogja dan menjadi salah satu keistimewaan di Jogja.

Industri Kreatif

Produk Anyaman Bambu Desa Brajan, sumber : Paket Wisata ke Jogja
Produk Anyaman Bambu Desa Brajan, sumber : Paket Wisata ke Jogja

Sebagai kota seni, yaitu kota yang melahirkan banyak seniman dan karya seni, Jogja memiliki industri kreatif dengan produk artistik berupa kerajinan tangan seperti batik, kerajinan gerabah, kerajinan anyaman bambu yang sudah go internasional. Uniknya, tempat asal produk batik, gerabah dan anyaman bambu ini sekaligus desa wisata.

Produk batik dikenal salah satunya berasal dari Desa Wisata Giriloyo. Produk gerabah dikenal berasal dari Desa Wisata Kasongan. Sedangkan produk anyaman bambu dikenal berasal dari Desa Wisata Brajan. Semuanya desa yang juga dikunjungi oleh para wisatawan dan bisa menikmati berbagai atraksi wisata didalamnya selain hanya sekedar melihat dan membeli produk kerajinan.

Kembali kepada industri kreatif, sebenarnya produk kreatif yang dihasilkan oleh Yogyakarta bukan hanya kerajinan. Yang paling banyak, produk industri kreatif yang dihasilkan oleh industri kreatif Yogyakarta adalah seputar makanan dan minuman. Produk lainnya berkisar seputar fashion, game, film dan animasi serta produk lainnya. Sedangkan produk kerajinan adalah contoh bagaimana industri kreatif dapat dipadu padankan dengan pariwisata.

Sendok kayu adalah salah satu kerajinan yang juga produknya terdapat di Yogyakarta. Produk ini telah merambah pasar online dan memiliki keunggulan dari segi ekonomis dan ramah lingkungan. Anda bisa mencari kerajinan sendok kayu ini melalui website di area Yogyakarta.

Desa Wisata Giriloyo Jogja, sumber : Jogja Car
Desa Wisata Giriloyo Jogja, sumber : Jogja Car

Industri Pariwisata

Sebenarnya pariwisata terlalu berlebihan jika harus digolongkan sebagai industri. Tetapi faktanya di Jogja memang demikian. Yogyakarta bisa dikatakan memiliki ratusan spot wisata yang ramai dikunjungi terutama pada masa berliburan. Pemerintah setempat juga memberikan kesempatan kepada pihak manapun yang dapat ambil bagian dalam urusan pengelolaan berbagi lokasi wisata ini.

Nah, dari sini akhirnya sektor pariwisata menjadi industri di Jogja. Bahkan ada pengembang yang membuka tempat untuk dijadikan spot wisata karena dapat sekaligus merawat kelestarian lingkungan serta menghidupkan perekonomian warga. Hal ini menjadikan Yogyakarta sebagai salah satu daerah destinasi wisata dengan berbagai produk jasa yang bergerak sebagai fasilitas bagi para wisatawan.

Fasilitas bagi para wisatawan yang dimaksud tidak lain seperti paket wisata, jasa sewa mobil Jogja, berbagai penginapan dan hotel. Jasa dan layanan ini begitu dibutuhkan para wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara yang ingin mengunjungi Yogyakarta. Berbeda dengan daerah destinasi wisata lain di Indonesia seperti Bali, Labuan Bajo dan Raja Ampat, meskipun menjadi target kunjungan para turis, Yogyakarta masih terbilang terjangkau dari segi harga-harga layanan dan jasa fasilitas wisatanya.

Pantai Baron, sumber ig objek_wisata_jogja
Pantai Baron, sumber ig @objek_wisata_jogja

Awalnya sektor pariwisata di Yogyakarta tumbuh dengan konsumen-konsumen lokal dan para pelajar serta mahasiswa yang sekolah di Jogja dari daerah asal hampir seluruh Indonesia. Konsumen lokal dan para pelajar ini menginspirasi pengunjung lainnya sehingga merambah ke pengunjung dari luar daerah dan mancanegara yang sengaja datang ke berbagai objek wisata yang terdapat di sini.

Maka, hidupnya berbagai objek wisata ini juga akhirnya berdampak positif pada layanan paket wisata Jogja dan rental mobil Jogja. Akhirnya semakin banyak fasilitas dan jasa serupa dan semakin ramai juga pengunjung Yogyakarta pada masa berliburan.

Itu dia opini seputar sektor pariwisata dan industri kreatif di Yogyakarta. Meskipun keduanya berbeda, namun bisa saling terhubung pada beberapa bagian sehingga menjadi daya tarik bagi Yogyakarta sekaligus.

Leave a Comment