Inilah Informasi Menarik Tentang Sumpit

Inilah Informasi Menarik Tentang Sumpit

Siapa yang tidak kenal dengan sumpit? Meskipun bukan menjadi alat makan yang utama di Indonesia, namun pada sebagian kondisi, menurut informasi sumpit dipakai di Indonesia pada saat tertentu seperti saat makan mie ayam. Bagaimana mungkin sumpit bisa menjadi salah satu alat makan?

Dilihat dari cara menggunakannya, tidak sebagaimana sendok kayu dan garpu, menggunakan sumpit saat makan merupakan tantangan tersendiri. Karena tidak semua orang saat memegang sumpit langsung bisa menggunakannya dengan baik. Sebaliknya, menggunakan sendok dan garpu relatif langsung mampu.

Meskipun relatif lebih sulit daripada sendok dan garpu, sumpit tidak dilupakan sebagai salah satu alat makan. Meskipun sejarahnya juga panjang sekitar ribuan tahun yang lalu. Nah, untuk Anda yang ingin menyimak serba-serbi informasi tentang sumpit, simak ulasan informasi sumpit berikut ini.

Sejarah Sumpit

Menggunakan Sumpit Saat makan, sumber ig dimsumthingamsterdam
Menggunakan Sumpit Saat makan, sumber ig @dimsumthingamsterdam

Ada berbagai tata cara makan diseluruh dunia. Bagi orang-orang yang pernah tinggal di kawasan Asia Timur, pasti sudah mengenal yang namanya sumpit. Meskipun tidak seluruh daerahnya, tetapi sebagian besar atau negara-negara besar yang berada di kawasan Asia Timur dan mungkin Asia Tenggara mengenal sumpit sebagai salah satu alat untuk makan.

Sumpit adalah alat makan yang berbentuk seperti batang stik yang lurus, terbuat dari kayu, plastik dan logam dan berjumlah sepasang. Panjangnya sedikit berbeda antar satu daerah dengan lainnya atau berbeda menurut fungsinya apakah untuk alat masak atau alat makan. Pada sebagian Negara di Asia Timur, sumpit ini tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan sendok dan garpu.

Sumpit diyakini sudah ada sejak 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu di Tiongkok. Keberadaanya tidak lepas dari kebiasaan makan yang terdapat di sana pada waktu itu. Orang-orang Tiongkok terbiasa makan bersama dengan makanan yang diletakkan ditengah meja. Karenanya, setiap yang makan membutuhkan sumpit untuk mengambil makanan yang tersaji di tengah meja.

Ilustrasi Sumpit, sumber ig korefanzinshop
Ilustrasi Sumpit, sumber ig @korefanzinshop

Sumpit juga digunakan oleh para raja pada waktu itu namun terbuat dari bahan yang mewah. Mereka menggunakan sumpit yang terbuat dari gading gajah atau terbuat dari emas dan perak. Sumpit yang terbuat dari gading gajah merupakan yang paling mahal. Sedangkan sumpit emas dan perak dipakai untuk menghindari racun pada makanan.

Konon dilingkungan kerajaan sering terjadi perebutan kekuasaan. Hal ini memicu siapapun yang bermaksud untuk merebut kekuasaan menggunakan cara-cara seperti meracuni makanan. Dengan menggunakan sumpit dari perak, sumpit akan berubah warna apabila terkena racun pada makanan karena reaksi kimia. Sehingga akan mendeteksi keberadaan racun.

Bagaimana Sumpit Digunakan Saat ini?

Setidaknya, ada tiga negara besar yang dikenal pasti menggunakan sumpit baik untuk makan bahkan terkadang untuk memasak, Cina/Tiongkok, Jepang dan Korea. Ketiga negara ini memiliki sumpit dan cara penggunaan yang sedikit berbeda.

Di Cina atau Tiongkok, yang diyakini sebagai negara asalnya, sumpitnya relatif lebih panjang dibandingkan sumpit dari Jepang dan Korea. Bentuknya sama antara pangkal dan ujungnya namun hampir berbentuk segi empat dibadingkan silinder. Hal ini agar ketika diletakkan diatas meja tidak terjatuh. Kebanyakan sumpit di Tiongkok terbuat dari bahan plastik.

Sumpit Jepang, sumber ig __gioperilmondo__
Sumpit Jepang, sumber ig @__gioperilmondo__

Sedangkan di Korea, ada sedikit perbedaan dari segi bentuknya. Ujung sumpit sedikit lebih kecil dibandingkan dengan pangkalnya dan bentuknya lebih tipis seperti setengah silinder. Uniknya, sumpit ala Korea terbuat dari logam. Meskipun logam dikenal berbunyi nyaring apabila terbentur dan lebih licin untuk menjepit makanan.

Di Jepang, sumpit kebanyakan terbuat dari bambu atau kayu. Karena sumpit yang terbuat dari bambu atau kayu ini hanya sekali pakai. Bentuknya relatif segi empat dan ujungnya lebih kecil dibandingkan pangkalnya. Hal ini karena kebiasaan makan ikan, yaitu untuk mencabut tulang saat makan ikan. Di Jepang sumpit terkadang juga digunakan untuk menusuk makanan.

Selain itu adalah negara-negara di Asia Tenggara yang penggunaan sumpitnya relatif sama dengan salah satu diantara ketiga negara tadi. Itu dia serba-serbi informasi terkait sumpit yang menarik untuk diketahui. Semoga dapat menjadi wawasan terbaru untuk Anda.

Simak terus ulasan kerajinan sendok kayu, alat makan kayu dan peralatan dapur lainnya yang terbuat dari kayu di sendokkayu.com.

2 thoughts on “Inilah Informasi Menarik Tentang Sumpit”

  1. Lokasi di jogja dimana alamatnya ? Ukiran sendok brp cm panjangnya apakah iti sendok makan ? Harganya brp kalo kami pesan diatas 500 pasang ?

Leave a Comment