Tips Jitu Memasarkan Produk Kerajinan Secara Online

Metode perdagangan semakin zaman akan semakin berkembang. Perkembangan ini akan memudahkan setiap penjual untuk memasarkannya salah satunya adalah melalui internet. Sekarang ini kita dapat menemui internet dimanapun kita berada seperti internet kantor, sekolah, bahkan setiap telepon genggam memiliki internetnya sendiri. Pengaruh internet tersebut sangat signifikan bagi pemasar produk khususnya untuk produk kerajinan. Berikut ini akan kami berikan ulasan untuk anda mengenai tips untuk memasarkan produk kerajinan secara online.

Kenali Produk Terlebih Dahulu

Memasarkan suatu produk sangatlah membutuhkan kemampuan untuk mengenalkan produk kepada pelanggan. Untuk itu anda perlu untuk mengenali seperti apa produk yang akan anda jual tersebut misal kerajinan tangan khas Lombok. dengan mengenali produk anda dapat mengetahui berbagai kelebihan dari produk yang akan anda jual. Dengan kelebihan produk itulah yang dapat anda manfaatkan sebagai senjata persuasif untuk memikat para pelanggan.

Kerajinan Tempat Buah Rotan Set, Sumber: Instagram/@bilalbeleke_art

Apa itu Produk Kerajinan?

Kerajinan adalah suatu produk yang dihasilkan dari keterampilan tangan seseorang. Produk jenis ini biasanya memiliki nilai yang cukup tinggi karena memang dibuat dengan cara yang tradisional. Produk kerajinan cukup populer sehingga banyak sekali peminat dari produk ini dari berbagai daerah. Selain itu setiap produk yang dihasilkan juga pasti memiliki keunikannya sendiri-sendiri. hal itulah yang membuat pasaran produk kerajinan sangat terkenal hingga saat ini.

Ada banyak macam produk kerajinan yang dapat dihasilkan antara lain pot bunga dari rotan, lampu hias, kerajinan patung Komodo, dan berbagai macam souvenir. Ada pula jenis kerajinan berupa kain batik yang memiliki nilai yang tak kalah tinggi. Untuk membuatnya memerlukan keterampilan tangan khusus sehingga tidak banyak orang yang dapat memproduksi barang tersebut.

Tips Memasarkan Produk Kerajinan

Dalam memasarkan produk kerajinan, baik produk tersebut adalah buatan anda sendiri atau anda menjual produk orang lain, perlunya anda mentukan strategi pemasaran. Berikut tips memasarkan produk kerajinan yang bisa anda aplikasikan.

Ilustrasi Marketing Strategy, Sumber: Unplash/campaign_creators

1. Melakukan Branding

Pastinya kita telah mengenal berbagai macam brand dari produk-produk tertentu. Keberhasilan produk tersebut dikenal masyarakat adalah karena branding yang dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang tersebut. Maka hal inilah yang harus dilakukan apabila anda juga ingin produk anda dikenal oleh masyarakat.

Untuk melakukan branding, anda dapat memulai dengan membuat atau mendesain logo khusus untuk penjualan anda. Logo yang dibuat haruslah simpel dan mudah diingat sehingga pelanggan dapat mengenali brand anda dengan baik. Selanjutnya anda dapat membuat tagline yang menarik untuk produk anda. Untuk ini diperlukan kreativitas dan daya imajinasi yang bagus agar proses branding dapat berjalan dengan baik.

2. Tentukan Target Pasar

Dalam memasarkan produk tentunya harus menentukan juga siapa pelanggan yang nantinya akan membeli produk kerajinan anda. Hal tersebut karena setiap barang yang diproduksi pasti memiliki nilai guna yang berbeda untuk setiap orang. Maka anda hendaknya menargetkan pasar secara spesifik. Jangan lupa untuk menentukan pelanggan yang memang memiliki masa yang banyak sehingga produk anda akan mudah untuk dikenal dan banyak peminatnya.

3. Memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Hingga saat ini cara pemasaran dengan SEO masih dikenal cukup efektif. Bagaimana tidak, banyak sekali masyarakat yang mencari sesuatu di internet sehingga meningkatkan peluang untuk mengenalkan produk kepada mereka lewat metode ini. hal yang perlu dipersiapkan adalah website dari toko anda. Untuk membuatnya anda dapat menggunakan jasa pembuatan website.

Ilustrasi SEO, Sumber: Unplash/mjessier

Website digunakan sebagai wadah untuk menampung penilaian atas produk yang telah anda jual. Selain itu anda juga dapat memasarkan produk anda di website tersebut. Maka dengan adanya website anda tidak perlu lagi untuk memiliki toko secara fisik. Cara pemasaran dengan menggunakan SEO pun banyak digunakan oleh berbagai marketer. Hal tersebut karena banyak orang yang memanfaatkan mesin pencarian untuk mencari barang yang mereka butuhkan.

4. Memanfaatkan SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine Marketing atau biasa disingkat dengan SEM ini memiliki kemiripan dengan SEO. Bedanya adalah apabila SEO tidak memerlukan biaya dan hanya memerlukan kemampuan optimasi website saja, sedangkan SEM membutuhkan biaya dan tidak perlu melakukan optimasi biaya. Namun oleh karena berbayar tersebutlah metode ini dikenal lebih efektif untuk memikat pelanggan. Selain itu dengan menggunakan SEM maka website anda akan muncul di halaman pertama mesin pencarian.

5. Memanfaatkan Jasa Influencer

Seorang influencer pasti memiliki pengikut yang banyak di sosial media. Dari hal tersebut kita dapat memanfaatkan seorang influencer tersebut untuk mempromosikan produk yang anda miliki. Dengan menggunakan jasanya juga cukup ampuh untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Para pelanggan yang biasanya juga akan lebih percaya dengan apa yang disampaikan oleh influencernya daripada hanya melihat iklan saja.

Ilustrasi Influencer, Sumber: Unplash/diggitymarketing

Dengan memanfaatkan influencer anda juga dapat berkesempatan untuk meningkatkan kredibilitas toko online and dan, meningkatkan brand awareness. Namun untuk menggunakan metode promosi ini anda juga perlu mempertimbangkan berbagai aspek. Yang pertama adalah budget yang anda miliki serta yang kedua adalah siapa influencer tersebut. pastikan juga keuntungan yang anda dapatkan lebih banyak dengan uang yang anda keluarkan untuk menggunakan jasa influencer.

6. Memberikan Potongan Harga

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang sangat suka dengan harga barang yang terbilang cukup murah. Maka apabila anda merupakan pebisnis online pemula dan ingin meningkatkan jumlah pembeli dengan cepat, maka anda dapat memberikan potongan harga untuk produk yang anda miliki. Potongan harga tersebut dapat berbentuk diskon ataupun promo khusus. Dengan demikian maka akan banyak pelanggan yang melirik produk anda dan tertarik untuk membeli.

7. Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Setelah mendapatkan pelanggan, jangan lupa untuk tetap menjalin relasi dengan mereka. Pastikan juga anda melayani pelanggan dengan sepenuh hati. Dengan diperlakukan dengan baik, pelanggan akan senang dan membuat reputasi toko anda menjadi lebih baik. Strategi ini cukup ampuh dan dapat membuat pelanggan menjadi pelanggan tetap untuk membeli produk anda.

Itulah beberapa tips dari Kami yang dapat anda gunakan untuk memasarkan produk kerajinan secara online. Setiap bisnis pasti membutuhkan proses untuk dapat berhasil. Maka kunci untuk mendapatkan keberhasilan tersebut adalah kesabaran dan juga ketelatenan. Semoga dengan adanya tips-tips di atas dapat membantu anda untuk mensukseskan produk kerajinan yang anda miliki.

Leave a Comment