Lukisan dari Batang Pisang, sumber : Save Our Earth

Produk Rumah Tangga Berbahan Batang Pisang, Alternatif Selain Kayu

Saat ini industri kreatif sudah banyak yang mengembangkan bahan-bahan alami seperti kayu, enceng gondok termasuk batang pisang sebagai bahan baku untuk dijadikan produk peralatan sehari-hari seperti peralatan dapur dan lain-lain.

Sendok kayu sendiri sudah menjadi salah satu produk yang telah dipasarkan dan memiliki konsumennya. Ternyata, selain peralatan makan yang terbuat dari kayu seperti sendok kayu, terdapat juga bahan baku seperti batang pisang yang dianyam dan dijadikan berbagai produk diantaranya peralatan makan.

Sebenarnya bukan hanya peralatan makan, terdapat berbagai produk lainnya yang juga bisa dihasilkan dari batang pisang ini. Berikut informasinya.

Seputar batang pisang

Pohon pisang memiliki batang seperti serat yang mengandung air sebagaimana batang enceng gondok. Pohon pisang biasanya hanya menghasilkan satu gugusan bunga yang kemudian menjadi tandan pisang. Setelah itu pohon pisang kemudian mati.

Jika pohon pisang yang telah diambil buahnya ini dibiarkan mati begitu saja, maka akan terbuang sia-sia. Karena dari pohon pisang ini masih terdapat batang yang dapat diolah menjadi bahan baku. Bahan baku ini seperti tali yang kemudian dapat dianyam menjadi berbagai produk bermanfaat.

Manfaat batang pisang

Sebelum mengetahui berbagai macam kerajinan yang dapat dibuat dari batang pisang, akan lebih menarik jika mengetahui, berbagai manfaat batang pisang lainnya. Kebanyakan yang memanfaatkan batang pisang adalah orang-orang yang tinggal di daerah tropis dimana pohon pisang dapat tumbuh. Seperti Indonesia, India dan negara lainnya.

Batang Pisang, sumber : Mommyasia
Batang Pisang, sumber : Mommyasia

1. Makanan

Di tengah batang pisang, terdapat bagian yang memiliki tekstur renyah dan memiliki kandungan air yang banyak. Bagian dari pelepah pisang yang renyah ini dijadikan santapan di Indonesia, khususnya di Lombok. Mereka memasak bagian dari pelepah pisang ini menjadi sayuran yang disebut ares.

Bukan hanya di Indonesia, di berbagai negara lainnya bagian dari pelepah pisang ini dikreasikan menjadi santapan yang lezat. Di Thailand dan Vietnam, bagian bantang pisang ini diolah menjadi salad yang disantap dengan bumbu kari.

2. Dekorasi

Ternyata pelepah pisang juga bermanfaat untuk dekorasi. Hal ini bisa terlihat pada acara pesta perkawinan di Indonesia. Panggung yang berhias karangan bunga biasanya dipasang pada pelepah pisang. Karena batang ini cukup kokoh namun cukup lunak untuk ditusuk ornamen sehingga bisa menjadi base dari flower arrangement.

3. Bahan Kompos

Bahan kompos biasa dipakai sebagai campuran tanah untuk ditanam. Pelepah pisang ternyata juga bermanfaat untuk bahan kompos. Meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk terurai, tetapi Pelepah pisang adalah bahan kompos yang baik. Agar dapat terurai dengan cepat, biasanya Pelepah pisang dipotong-potong hingga menjadi potongan kecil.

4. Mainan

Tidak jarang mainan anak-anak terbuat dari bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami pembuatan mainan anak-anak ini adalah pelepah pisang. Pelepah pisang bisa dibuat menjadi kuda-kudaan, senjata, pedang dan lainnya. Mainan dari bahan ini cenderung lebih aman dibandingkan dengan mainan yang terbuat dari permukaan yang keras dan kasar.

5. Kerajinan

Pelepah pisang memang bisa menjadi bahan untuk membuat berbagai anyaman produk kerajinan. Caranya adalah dengan diparut hingga menjadi helaian. Kemudian dijemur hingga kering sehingga menjadi seperti tali yang tidak mudah putus karena berserat. Helaian ini kemudian dianyam.

Produk Kerajinan dari Batang Pisang, sumber : ngertiaja
Produk Kerajinan dari Batang Pisang, sumber : ngertiaja

Saat sudah menjadi anyaman, baru kemudian dibuat menjadi berbagai macam produk. Beberapa produk yang dibuat dari anyaman batangnya pisang ini diantaranya sandal, tas, alas piring dan gelas dan berbagai produk rumah tangga lainnya.

Selain produk kerajinan, pelepah pisang ini bisa diproses menjadi lembaran. Lembaran ini kemudian dikreasikan menjadi lukisan. Serta berbagai produk lainnya yang bisa dikreasikan dari bahan baku yaitu pelepah pisang.

Bagi industri kerajinan, menjadikan bahan-bahan alami sebagai bahan baku produknya dapat memberikan keunggulan, selain potensi keuntungan materil. Misalnya keunggulan dari segi bahan yang tidak merusak lingkungan, limbah yang dapat hilang dan tidak menjadi pencemaran lingkungan serta keunggulan lainnya jika menjadikan bahan alami sebagai produk kerajinan.

Banyak sekali produsen jasa terutama dibidang makanan seperti aqiqah purwokerto yang memanfaatkan bahan-bahan yang tidak mencemari lingkungan sebagai bungkusnya. Sehingga produknya menjadi lebih berkualitas dan sisa pakainya tidak menjadi dampak negatif bagi lingkungan.

Leave a Comment