Mengembangkan Bisnis kuliner

Langkah Mengembangkan Bisnis Kuliner di Era Digital

Resto yang menjual berbagai menu kuliner berkembang pesat di berbagai kota besar di Indonesia. Mengembangkan bisnis kuliner dengan mengusung konsep satu tempat banyak menu, resto menjadi bisnis yang sangat menjanjikan.

Mengembangkan Bisnis Kuliner ? Ini dia Langkahnya

Pada artikel SendokKayu.Com kali ini akan di uraikan beberapa tips untuk mengembangkan bisnis kuliner di era digital.

1. Hadirkan Kesan Unik

Sensasi yang berbeda dari suatu tempat jajanan kuliner bisa juga menjadi alasan dari pecinta kuliner untuk datang di suatu tempat jajanan. Ada berbagai hal yang bisa dijadikan pembeda antara resto yang satu dengan yang lain. Untuk ciri khas masakan pedas mungkin sudah biasa. Maka bisa menggunakan alternatif lain.

Pilihan lainnya adalah dengan membuat konsep unik pada alat makannya. Mungkin oenggunaan piring keramik, sendok logam dan gelas kaca sudah biasa. Denga membuat konsep ‘back to nature’ akan menjadi beda dengan resto lainnya. Bisa dengan menggunakan alat makan dari kayu. Mulai dari sendok kayu, piring kayu, baki kayu dan sebagainya. Dengan demikian kesan alami akan benar benar terasa. Anda bisa mencari rekomendasi tempat jual peralatan makan kayu di internet.

Mengembangkan bisnis kuliner
Piring kotak atau hot plate mulai populer. Sumber Unsplash

2. Konsep Kekinian

Kadangkala suatu tempat jajanan kuliner atau resto ramai dikunjungi terutama anak muda, bukan karena rasa kuliner yang luar biasa. Akan tetapi karena tempatnya yang unik atau memiliki pemandangan yang indah, maka tempat kuliner tersebut ramai di kunjungi. Pengunjung tidak hanya makan saja ketika mengunjungi resto tersebut. Mereka datang sambil menikmati pemandangan atau berswafoto.

Sebenarnya ketika memiliki usaha kuliner yang menyediakan tempat makan kita bisa membangun konsep dengan menciptakan sesuatu display atau photobooth yang bisa di jadikan spot pengambilan gambar atau dalam istilah anak muda instagrammable. Sehingga pengunjung tertarik dengan display yang dibuat khusus untuk pengambilan gambar. Utuk membuat konsep ruangan seperti ini mungkin diperlukan jasa konsultan interior.

3. Menggunakan Map

Bisnis kuliner tentu harus mendaftarkan lokasi pada aplikasi map jika kuliner tersebut memberikan pelayanan tempat makan. Pada saat ini ketika sebagian besr masyarakat mempunyai ponsel pintar maka dimanapun tempat yang dituju berada akan mudah ditemukan jika lokasinya terdaftar pada aplikasi map. Tinggal mengetikkan saja nama tempat yang akan dituju maka aplikasi akan memberikan informasi lokasi, jarak tempuh, perkiraan waktu dan bahkan kondisi kepadatan lalu lintas.

Aplikasi map populer yang selalu ada di ponsel pintar android adalah Google Map. Dengan akun Google selain bisa untuk mendaftar di aplikasi map juga bisa untuk mendaftar di aplikasi Google Bisnisku. Aplikasi Google Bisnisku untuk sekarang penting juga untuk optimasi.

4. Membangun Website dan Sosmed

Salah satu yang bisa dilakukan dalam rangka menembus pasar di mesin pencarian adalah dengan membuat website yang di optimasi. Dengan menggunakan jasa optimasi website profesional untuk melakukan optimasi website maka anda akan menjaring konsumen di mesin pencari. Dan semua pemilik ponsel pintar ketika mencari informasi yang dituju pertama kali adalah mesin pencari.

Sosmed tak kalah penting. Dengan membuat iklan digital yang menjual, maka pengguna sosmed akan tertarik ketika di hadapannya terpampang iklan yang unik di layar ponsel pintarnya. Butuh kreativitas yang tinggi untuk masalah ini. Dan tentu saja anda harus memperhatikan tren anak muda setiap waktu guna mengejar apa yang mereka inginkan.

5. Kerjasama Dengan Layanan Berbasis Aplikasi

Saat ini banyak sekali resto yang bekerjasama dengan pihak pengembang aplikasi baik itu aplikasi wisata, aplikasi transportasi atau memang aplikasi yang dibuat khusus untuk pelayanan informasi kuliner. Dan sampai saat ini ada beberapa aplikasi lokal yang memang dibuat khusus untuk melayani informasi kuliner seperti aplikasi Madhang, Wakuliner, Kulina dan MakandiMana yang dikembangkan oleh Detik.Com. Dengan aplikasi tersebut bisa melayani pemesanan menu atau preorder atau melayani pembelian take away.

6. Pengembangan ke Bisnis Lainnya

Bukan rahasia umum lagi ketika ada seseorang yang sukses di bidang tertentu maka ia akan merambah ke bidang lainnya. Meskipun hal tersebut boleh-boleh saja akan tetapi kurang praktis dalam pengembangannya. Karena ketika merambah ke bidang lain maka usaha yang dilakukan akan memulai dari awal.

Mengembangkan Bisnis kuliner
Perangkat makan dari kayu bisa menjadi alternatif agar memiliki sensasi natural. Sumber Unsplash

Lebih baik berupa pengembangan saja daripada membuka lahan di lingkungan yang berbeda. Misal saja usaha resto dengan menu kambing bisa dikembangkan menjadi usaha lainnya yaitu jasa layanan aqiqah. Terutama di kota besar seperti Jakarta, layanan jasa aqiqah di Jakarta akan sangat bermanfaat bagi penduduk Jakarta yang sibuk dan tidak sempat mengurusi aqiqah ketika terjadi kelahiran bayi.

Itulah beberapa langkah mengembangkan bisnis kuliner di era digital yang bisa kami sampaikan. Jangan lupa menyimak artikel lainnya tentang spot foto di Jogja yang lagi hits. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Comment