Berikut 7 Tips Perawatan Rumah Kayu Agar Lebih Awet

Rumah kayu menjadi pilihan bagi sebagian orang karena memberikan nuansa yang nyaman dan sejuk. Selain itu menggunakan material kayu akan membuat rumah menjadi lebih hangat, apalagi pada saat malam hari. Namun, perlu diketahui untuk perawatan rumah kayu pun harus telaten dan rutin dilakukan agar tetap awet atau tahan lama.

Tips Perawatan Rumah Kayu Agar Lebih Awet

Nyatanya merawat rumah kayu tidaklah mudah, Materialnya yang terbuat dari kayu ini tentu saja mudah terkena rayap, mudah untuk berjamur, dan juga tidak tahan akan kelembaban seiring dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah. Berikut ini beberapa tips untuk merawat rumah kayu agar tetap tahan lama, simak selengkapnya.

1. Pilihlah Material Kayu yang Terbaik

Tips perawatan rumah kayu yang pertama yaitu dengan memilih material kayu terbaik, baik dari segi perabotan atau furniture rumah serta lantai. Tentunya hal tersebut memiliki tujuan agar rumah kayu Anda lebih tahan lama. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu memilih bahan kayu yang kuat seperti dengan kayu oak.

Perlu diketahui kayu oak sendiri memiliki ketahanan yang kuat, yaitu tahan terhadap kondisi yang lembab. Dengan begitu akan lebih tahan lama ketika pada saat musim hujan. Selain itu, Anda bisa menggunakan kayu mahoni, jati, maupun kayu beech sebagai perabot atau furniture pada rumah.

2. Meminimalisir Paparan Hujan Ketika Proses Konstruksi

Berikut 7 Tips Perawatan Rumah Kayu Agar Lebih Awet
Membangun rumah kayu bukan di musim hujan. Sumber: Istockphoto.com

Sebaiknya pada saat proses pembangunan atau konstruksi jangan sering terkena air hujan. Perlu Anda ketahui jika kayu sering terkena paparan air hujan akan membuat kayu tidak bagus lagi diantaranya yaitu penyusutan pada kayu serta bisa melengkung.

Tentunya jika kayu telah rusak akan membuat desain yang sedari awal telah direncanakan tidak akan terealisasi dengan sempurna. Setidaknya dengan meminimalisir dari paparan air hujan kayu tidak akan lembab. Karena sangat tidak mungkin jika tidak terkena air hujan, sehingga perlunya untuk mengantisipasi adanya hal-hal tersebut.

3. Menjauhkan dari Hama

Tips perawatan rumah kayu selanjutnya yaitu dengan menjauhkan dari hama yang bisa menyerang kayu. Hama sendiri termasuk salah satu organisme yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen tertentu, seperti dengan rayap. Selain itu organisme tersebut bahkan bisa menularkan penyakit kepada manusia.

Kayu sendiri memiliki sifat yang mudah terkena serangan hama seperti rayap. Sehingga Perlunya untuk melakukan perawatan secara rutin agar komponen atau material kayu tetap tahan lama. Perawatan tersebut diantaranya yaitu dengan melakukan pengecekan secara rutin dan juga harus sering dibersihkan apabila terdapat hama yang bersarang.

4. Memilih Cat Dengan Bahan Terbaik

Selain harus dijauhkan dari hama agar material kayu tetap tahan lama, tips lainnya yaitu dengan memilih cat yang berkualitas atau bahan terbaik. Dengan memilih cat yang sesuai dan tepat akan membuat material kayu bisa tahan terhadap air serta melindungi dari sesuatu yang keras pada luar rumah.

Berikut 7 Tips Perawatan Rumah Kayu Agar Lebih Awet
Ilustrasi pengecatan pada bagian rumah kayu. Sumber: Istockphoto.com

Perlu untuk diketahui Anda harus mengecat rumah setidaknya dua tahun sekali untuk menjaga kualitas tampilan serta material kayu agar tetap awet. Apabila Anda merasa tidak praktis jika harus rutin mengecat rumah dua tahun sekali, Anda bisa menggunakan jasa cat tembok rumah profesional yang akan menghasilkan tampilan rumah yang menakjubkan.

5. Melindungi Lantai dari Elemen Keras

Tak hanya memilih cat dengan bahan terbaik saja, perawatan rumah kayu yang bisa dilakukan yaitu dengan melindungi lantai pada rumah agar tidak terkena komponen atau elemen keras layaknya batu. Sehingga kayu akan tahan lama, tidak melengkung serta tidak mudah bengkong.

Tidak hanya itu saja, Anda juga perlu melindungi lantai rumah dari adanya embun, air hujan, serta terik atau paparan sinar matahari.Tips atau cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal tersebut yaitu dengan memasang karpet pada lantai kayu.

6. Membersihkan Lantai Kayu Dengan Rutin

Selain dinding kayu yang wajib untuk dirawat dan dibersihkan, lantai pada rumah juga harus rutin untuk dibersihkan agar selalu terjaga kebersihannya. Anda harus selalu meletakkan keset pada setiap bagian pintu yang memiliki tujuan agar kotoran dapat tersaring pada keset tersebut, sehingga lantai tidak terlalu terlihat kotor.

Berikut 7 Tips Perawatan Rumah Kayu Agar Lebih Awet
Lantai kayu perlu rutin dibersihkan. Sumber: Istockphoto.com

Untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang berada di lantai bisa menggunakan alat yang bernama vacuum cleaner yang efektif untuk membersihkan lantai pada rumah. Sehingga lantai kayu pada rumah Anda selalu terjaga kebersihannya sehingga membuat nyaman melakukan aktivitas di dalam rumah.

7. Bersihkan Furniture atau Perabot Rutin 2 Bulan Sekali

Tips perawatan rumah kayu yang terakhir yaitu dengan membersihkan perabot atau furniture rutin setiap 2 bulan sekali. Furniture yang ada pada rumah wajib untuk dibersihkan agar tidak kotor dan berdebu. Dengan melakukan perawatan rutin tersebut perabot yang ada tentunya menjadi lebih awet dan tahan lama.

Untuk membersihkan furniture rumah Anda bisa menggunakan kain yang lembut dan halus agar tidak meninggalkan goresan yaitu dengan kain microfiber. Anda bisa mengusapnya dengan lembut dan hati-hati supaya perabot tidak rusak. Jika Anda kesulitan mencari kain tersebut, Anda bisa membelinya di toko online maupun marketplace.

Tips atau cara di atas sangat penting bagi Anda jika menempati rumah yang bermaterial kayu. Anda harus telaten melakukan perawatan dengan rutin untuk menjaga ketahanannya dan juga agar lebih awet. Selain tips yang bermanfaat di atas Anda juga bisa membaca artikel yang menarik lainnya pada website berikut ini www.sendokkayu.com.

Leave a Comment