Tips dan Rekomendasi Tempat Jual Peralatan Makan Kayu Di Indonesia

Tips dan Rekomendasi Tempat Jual Peralatan Makan Kayu Di Indonesia

Peralatan makan dari kayu mulai digemari di jaman sekarang ini. Hal ini tentu saja digemari karena efek tradisional serta nuansa alami yang dihasilkan dari kayu. Alat makan dari kayu ini juga digunakan karena faktor keamanan dan kesehatan. Tentu saja alat makan dari kayu aman untuk kesehatan karena tidak mengandung zat kimia berbahaya. Orang yang melakukan jual peralatan makan kayu ini pun juga banyak dan beragam. Tidak semua peralatan makan dari kayu ini aman untuk digunakan. Berikut ini merupakan tips untuk memilih peralatan makan kayu sekaligus tempat jual peralatan makan kayu yang lengkap.

Tips Memilih Peralatan Makan Kayu

Dalam memilih peralatan makan kayu seperti piring kayu, sendok kayu dan yang lainnya Anda perlu memperhatikan lapisan kayu pada peralatan makan kayu tersebut. Perhatikan juga dengan cermat bagian permukaan pada peralatan makan. Sebaiknya pilih peralatan makan yang tidak dilapisi cat maupun vernis. Hal ini dipilih karena lapisan bahan kimia ini kurang aman pada makanan. Sebaiknya Anda memilih peralatan makan yang tidak memiliki lapisan. Karena dengan sekali raba, peralatan makan yang diberi lapisan akan terlihat tanpa lapisan. Peralatan makan yang terbuat dari lapisan vernis akan terlihat mengkilap dan menebarkan aroma menyengat.

Sendok kayu untuk tempat kopi, sumber unsplash @joannakosinska
Sendok kayu untuk tempat kopi, sumber unsplash @joannakosinska

Tempat Jual Peralatan Makan Kayu

Setelah mengerti tips dan dampak jika salah memilih peralatan masak, Anda juga perlu mengetahui orang atau tempat yang jual peralatan masak kayu. Berikut ini adalah tempat yang menjual peralatan makan kayu.

Desa Klungkung, Jember

Di Desa Klungkung, Sukorambi, Jember terdapat sebuah tempat produksi peralatan makan kayu. Bahan yang dibuat dalam alat makan ini adalah bambu yang langsung diambil dari lingkungan desa. Selain bambu, Kayu Kukun juga digunakan sebagai bahan dasar peralatan makan. Finishing yang digunakan dalam peralatan makan ini tidak menggunakan thinner. Akan tetapi, menggunakan food grade water base. Sehingga, sangat aman bagi pencernaan tubuh. Harga per barang pun beragam. Mulai dari 10 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Bantul, Yogyakarta

Yogyakarta tidak hanya terkenal akan obyek wisata yang bagus seperti tebing breksi, pantai indrayanti, Malioboro dll. Di daerah kabupaten Bantul provinsi Yogyakarta terdapat dua desa yang membuat sekaligus menjual peralatan makan dengan bahan dasar kayu dan bambu. Yaitu di Dusun Karangasem, Desa Munthuk, Dlingo. Dan satu lagi di Desa Wukirsari, Imogiri. Kedua tempat ini selain menghasilkan peralatan makan juga menghasilkan kerajinan lain dari bahan bambu. Seperti tempat nasi dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Piring kayu dan sumpit kayu, sumber unsplash @charlesdeluvio
Piring kayu dan sumpit kayu, sumber unsplash @charlesdeluvio

Baca juga: Souvenir Sendok Garpu Murah

Bali

Di Bali, banyak para pengrajin yang juga menjual berbagai macam peralatan masak. Alat yang dijual yaitu sendok dan garpu kayu, piring kayu, dan lain-lain. Kayu yang digunakan para pengrajin dari Bali ini antara lain yaitu kayu sawo hingga kayu kelapa. Kualitas peralatan makan ini bisa dibilang lebih bagus dan harganya pun lebih murah. Selain itu, bentuk dan ukuran alat makan ini beragam. Bahkan, untuk piring dan mangkok dibuat sedemikian rupa agar serat kayunya terlihat sangat jelas.

Semoga 3 tempat di Indonesia yang banyak pengrajin alat makan dari kayu diatas bisa menjadi informasi bermanfaat untuk Anda. Jika saat ini Anda sedang ingin membuat alat makan berbahan dasar kayu. Tim Sendok Kayu juga siap sedia memenuhi kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami lewat no yang tersedia di halaman kontak. Trimakasih, salam kerajinan Indonesia. 🙂

Leave a Comment